Beranda > Etika & Profesionalisme TSI > Standar Profesi ACE dan IEEE

Standar Profesi ACE dan IEEE

ACM (Association for Computing Machinery) atau Asosiasi untuk Permesinan Komputer adalah sebuah serikat ilmiah dan pendidikan komputer pertama di dunia yang didirikan pada tahun 1947.

IEEE (Institute of Electrical and Electronics Engineers) adalah sebuah organisasi profesi nirlaba yang terdiri dari banyak ahli dibidang teknik yang mempromosikan pengembangan standar-standar dan bertindak sebagai pihak yang mempercepat teknologi- teknologi baru dalam semua aspek dalam industry dan rekayasa (engineering), yang mencakup telekomunikasi, jaringankomputer, kelistrikan, antariksa, dan elektronika.

Perbedaan antara ACM dan IEEE adalah, ACM berfokus pada ilmu komputer teoritis dan aplikasi pengguna akhir, sementara IEEE lebih memfokuskan pada masalah-masalah hardware dan standarisasi. Cara lain untuk menyatakan perbedaannya yaitu ACM adalah ilmuwan komputer dan IEEE adalah untuk insinyur listrik, meskipun subkelompok terbesar adalah IEEE Computer Society.

Standar Profesi ACE dan IEEE dikembangkan berdasarkan 8 prinsip, yaitu :

  1. Kepentingan umum ; Insinyur Perangkat Lunak harus bertindak konsisten dengan kepentingan publik.
  2. Klien dan atasan ; Insinyur Perangkat Lunak harus bertindak untuk kepentingan terbaik klien dan majikan yang konsisten dengan kepentingan publik.
  3. Produk ; Insinyur Perangkat Lunak harus memastikan bahwa produk dan modifikasi yang terkait dengan memenuhi standar profesional setinggi mungkin.
  4. Keputusan ; Insinyur Perangkat Lunak harus mempertahankan integritas dan kemandirian dalam penilaian profesional mereka.
  5. Manajemen ; Manajer software engineering dan pemimpin harus berlangganan dan mempromosikan pendekatan etis kepada manajemen pengembangan perangkat lunak dan pemeliharaan.
  6. Profesi ; Insinyur Perangkat Lunak memajukan integritas dan reputasi profesi yang konsisten dengan kepentingan publik
  7. Rekan sejawat ; Software engineer harus bersikap adil dan mendukung rekan-rekan mereka.
  8. Diri sendiri ; Insinyur Perangkat Lunak harus berpartisipasi dalam belajar seumur hidup tentang praktek profesi mereka dan akan mempromosikan pendekatan etis untuk praktek profesi.
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: