Beranda > Bahasa Indonesia 2 > Cara Mengkritik Orang Lain

Cara Mengkritik Orang Lain

Setiap orang punya kebebasan untuk berpendapat dan berhak untuk bertanya. Hal ini dapat dinikmati oleh setiap individu karena kita sudah berada di zaman demokrasi. Tapi saudara dan saya tidak berhak sama sekali untuk memaksakan kehendak atau keinginan pribadi kepada orang atau kelompok lain karena hal itu juga otomatis akan merampas kebebasan mereka. Demikian pula hendaknya kita menyampaikan kritik kita kepada orang atau kelompok atau instasi lain. Metode atau teknik setiap orang dalam menyampaikan kritiknya pun berbeda-beda, ada yang dilontarkan secara blak-blakan tanpa memperhatikan perasaan orang yang akan dikritik. Ada juga yang penyampaiannya diperhalus namun tidak lepas dari point pentingnya.

Dan menurut saya jika ingin memberikan suatu kritik yang baik sebaiknya kita melakukannya dengan memperhatikan hal-hal berikut:

  1. Pahami dengan baik hal yang akan dikritik. Hal ini akan menuntun kita untuk menyampaikan kritik secara tepat sasaran tanpa melenceng dari konteks permasalahan.
  2. Perhatikan situasi dan kondisi. Jangan sampai orang yang akan kita kritik merasa malu apalagi jika di depan orang banyak.
  3. Sediakan solusi. Inti dari mengkritik menurut saya sebenarnya adalah untuk memberitahukan kepada orang yang akan dikritik dimana letak kelemahannya. Dan untuk itu pula sebaiknya sesaat setelah menyampaikan kritik sebaiknya diberikan solusi yang tepat.
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: