Beranda > Bahasa Indonesia 2 > Cara Menghadapai Kritikan

Cara Menghadapai Kritikan

Kita bisa mengkritik, namun kita juga harus siap untuk menerima kritikan dari orang lain. Hal ini merupakan suatu kegiatan timbal balik yang sering dijumpai dalam suatu diskusi atau kegiatan apapun terutama jika menjadi seorang pemimpin dalam kelompok. Setiap materi diskusi atau kebijakan yang diambil bisa membentuk dua kubu yang saling bertentangan atau ada pihak yang pro maupun yang kontra. Dan biasanya yang menjadi pihak yang kontra inilah yang akan memberikan kritikan terhadap suatu materi diskusi atau kebijakan yang diambil. Dan cara-cara yang paling ideal untuk berusaha menghadapi kritikan tersebut menurut saya adalah sebagai berikut :

  1. Terima kritikan dengan lapang dada. Hal ini harus disadari karena sewaktu-waktu kita akan menerima kritikan dari orang lain yang sebenarnya jika kita dapat menanggapi dan berusaha memperbaiki kekurangan akan membawa kita ke tahap yang lebih baik dan maju.
  2. Berusaha untuk tetap tenang dan dewasa. Dengan sikap tenang dan dewasa akan mencegah kita untuk merasa takut bila dikritik dan mencegah kita terpancing emosinya karena menganggap yang kita perbuat ternyata salah.
  3. Jangan merasa paling benar. Mempertahankan pendapat sendiri dan menganggap paling benar akan membuat situasi tambah runyam.
  4. Perbaiki kesalahan. Jika telah mengetahui letak dari kesalahan, sebaiknya segera diambil tindakan untuk memperbaikinya.
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: