Beranda > Bahasa Indonesia 2 > Mitos Karier yang Harus Anda Ketahui

Mitos Karier yang Harus Anda Ketahui

Jangan pernah berpikir bila karier yang dimiliki seseorang berkarakter sama dengan Anda, maka Anda akan sama suksesnya dengan karier orang itu. Karier Anda ditentukan oleh karakter Anda sendiri. Banyak alasan mengapa seseorang memilih karier tertentu dalam hidupnya. Banyak yang beralasan karena besarnya pendapatan yang ditawarkan, masa depan karier yang cemerlang, sampai karier yang bisa memberikan kekuasaan yang besar.
Di antara alasan-alasan tersebut, terdapat mitos yang juga beredar di kalangan masyarakat. Mitos-mitos inilah yang bisa menyesatkan orang saat akan menentukan kariernya. Berikut ini adalah sebagian mitos tersebut yang dituturkan oleh konsultan karier Dawn Rosenberg McKay :
1.    Memilih karier itu mudah

Sebenarnya, proses memilih karier membutuhkan waktu yang lama dan serius. Sebelum memutuskannya, seseorang harus mengenal dirinya sendiri terlebih dahulu, mengetahui minat, dan kesempatan yang ada.

2.    Konsultan karier tahu yang terbaik

Bahkan seorang konsultan karier tak bisa mengetahui dengan pasti pekerjaan atau karier apa yang cocok untuk seseorang. Mereka hanya bisa memberi panduan atau memberikan bimbingan agar seseorang lebih mantap dalam memilih karier.

3.    Hobi tak bisa jadi andalan hidup

Sudah banyak buktinya, kalau hobi bisa dijadikan mata pencaharian. Bahkan dengan menjadikan hobi sebagai sebuah pekerjaan, semangat dan gairah bekerja akan mewujud dalam karya yang cemerlang.

4.    Banyak uang berarti bahagia

Gaji memang penting, tapi jangan dijadikan satu-satunya alasan dalam memilih karier. Sudah banyak penelitian yang membuktikan bahwa uang tidak otomatis membuat seseorang puas dan bahagia dengan kariernya. Buat banyak orang, kesenangan saat mengerjakan pekerjaan tersebut justru menjadi hal yang paling penting. Meski begitu, faktor uang atau gaji juga patut dipertimbangkan saat memilih karier.

5.    Mengubah karier sama dengan membuang keahlian

Keahlian yang sudah dimiliki tak akan pernah tersia-sia. Keahlian tersebut mungkin saja tidak bisa dipakai seperti saat di pekerjaan sebelumnya, tapi keahlian itu tidak akan sia-sia dan tetap dapat digunakan kapan saja, dalam pekerjaan apa saja.

6.    Pilih pekerjaan dulu, setelah itu lihat saja nanti

Mendapatkan pekerjaan memang satu langkah yang baik, namun hal ini barulah permulaan. Jika seseorang menginginkan karier yang baik, maka ia harus membuat rencana-rencana tertentu tentang posisi atau jabatan yang harus diraih dalam beberapa waktu ke depan. Jika ia asal menerima sebuah pekerjaan, sangat sulit untuk membuat rencana-rencana tersebut karena kemungkinan besar iapun tak terlalu paham dan tak memiliki gairah terhadap karier atau pekerjaan tersebut.

(sumber : okezone.com)

  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: