Beranda > Bahasa Indonesia 1 > KEMISKINAN SATU FAKTOR PENEBANGAN HUTAN

KEMISKINAN SATU FAKTOR PENEBANGAN HUTAN

Januari 6, 2010

Penebangan hutan secara liar yang telah dilakukan bertahun-tahun dan membawa pengaruh negatif yang besar dalam kehidupan manusia di muka bumi. Manusia mungkin tidak sadar bahwa hutan mempunyai manfaat besar untuk menetralisir zat-zat beracun yang terdapat di udara yang terus menerus ‘diproduksi’ oleh manusia. Telah menjadi tugas kita semua untuk menjaga dan melestarikan hutan hujan  yang terdapat di planet ini untuk diwariskan bagi para generasi yang akan datang .

Begitu banyaknya faktor  yang menyebabkan manusia melakukan penebangan hutan secara liar, mulai dari bisnis (memperjualbelikan kayu dalam jual besar), digunakan untuk pembangunan (pembuatan rumah), atau hanya dijadikan sekedar alat bahan bakar untuk memasak terutama mereka yang tergolong miskin.

Hutan hujan banyak ditemukan di wilayah-wilayah miskin di bumi ini. Orang-orang yang tinggal di sekitar hutan hujan bergantung pada ekosistem ini untuk kehidupan mereka. Mereka mengumpulkan buah-buahan dan kayu, memburu hewan liar agar dapat makan daging, dan dibayar oleh perusahaan-perusahaan yang memeras sumber alam dari hutan.

Kebanyakan orang miskin disana tidak punya pilihan banyak. Mereka tidak dapat melanjutkan pendidikan untuk menjadi dokter, sekretaris atau sekedar menjadi buruh pabrik. Mereka harus hidup dari lingkungan sekitar mereka dan menggunakan sumber alam apapun yang dapat mereka temukan untuk hidup. Kemiskinan mereka merugikan seluruh dunia melalui berkurangnya hutan hujan dan kehidupan liarnya. Tanpa menyediakan bantuan untuk orang-orang ini, hutan hujan mungkin sulit diselamatkan.

%d blogger menyukai ini: